Saturday 8 June 2013

Mengenal Jenis-Jenis Kain

Berhubung banyaknya pertanyaan mengenai bahan kain, yaitu spandex semi rayon, spandex rayon super, jersey, dll. disini MERGINA OUTLET akan sharing mengenai jenis kain yang  gunakan dan beberapa jenis lainnya yang perlu ketahui agar dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih produk yang akan dibeli, tidak hanya ketika akan membeli produk kami.^^

KAIN SPANDEX
 sebenarnya kain spandex itu terdiri dari beberapa jenis, tergantung teksturnya, gramasinya, campurannya, dan hal-hal lainnya. Spandex sendiri merupakan kain sintetis, yaitu kain yang dibuat dari campuran bahan kimia elastomer (bukan mineral atau serat organik hewan/tumbuhan). Kain spandex kadang dikenal juga dengan nama lycra (lycra biasanya kandungan spandexnya sangat tinggi, ch: kain utk pakaian renang wanita), dan memiliki kemampuan meregang (stretch) seperti karet. Kain spandex dapat meregang sampai dengan kurang lebih 5-6 kali panjang semula (fyi, karet yang bagus dapat meregang hingga 7 kali panjang semula).

 Spandex Rayon Super
Kain spandex rayon super adalah kain dari benang rayon dengan campuran spandex. Teksturnya mirip katun, tapi halus dan bisa meregang karena ada campuran spandex di dalamnya (kain rayon sebenarnya tidak elastis, makanya diberi campuran spandex agar dapat meregang). Karena benang utamanya adalah rayon, kain ini tidak mengkilap, halus, lembut, dingin, nyaman, dan bersifat menyerap keringat. Kain jenis rayon tidak menahan panas tubuh sehingga kain terasa sejuk dan cocok untuk digunakan di iklim yang panas/hangat atau lembab.

LAUNDERING WARNING: JANGAN DIRENDAM DI DALAM AIR DETERGEN LEBIH DARI 1 JAM, dan jangan dicuci diatas suhu 60 derajat celcius karena dapat merusak seratnya (kain jadi mudah "berbulu").
DRY CLEANING IS RECOMMENDED.
IRONING: medium temperature

Spandex rayon jersey
Kain spandex rayon jersey terbuat dari serat natural yaitu serat bambu. Perpaduan dari benang spandex yang memiliki tingkat kelenturan tinggi dan rayon yang memiliki karakteristik benang yang tidak menyerap panas serta benang dari serat bambu yang ringan, membuat kain spandex rayon jersey sangat cocok untuk dikenakan sebagai bahan baju harian. Kain ini sedikit mengkilap, halus, nyaman, dingin, menyerap keringat dan ringan. Kain ini ketika dikenakan akan terasa sejuk terutama di iklim tropis seperti daerah indonesia.
AUNDERING WARNING: JANGAN DIRENDAM DI DALAM AIR DETERGEN LEBIH DARI 1 JAM, dan jangan dicuci diatas suhu 60 derajat celcius karena dapat merusak seratnya (kain jadi mudah "berbulu").
DRY CLEANING IS RECOMMENDED.
IRONING: medium temperature

Spandex Semi Rayon
Kain spandex semi rayon sangat mirip dengan kain spandex rayon, bedanya disini jumlah campuran spandexnya lebih banyak sehingga bisa meregang lebih panjang daripada spandex rayon super. Karakter kain seperti tidak mengkilap, halus, lembut, dingin, nyaman, dan bersifat menyerap keringat sama dengan spandex semi rayon. 

LAUNDERING WARNING: JANGAN DIRENDAM DI DALAM AIR DETERGEN LEBIH DARI 1 JAM, dan jangan dicuci diatas suhu 60 derajat celcius karena dapat merusak seratnya (kain jadi mudah "berbulu").
DRY CLEANING IS RECOMMENDED.
IRONING: medium temperature

Spandex Sutra / Silky Spandex
Kain ini menggunakan benang utama dari polyester dengan campuran serat spandex. Kain ini memiliki kemampuan meregang yang sangat baik, sangat lentur. Kain ini agak mengkilap, ringan, dan mudah melepas panas. Biasanya makin banyak kandungan polyesternya, makin panas dipakainya dan makin sulit meregang. Kain ini tidak mudah rusak seratnya sehingga aman untuk dicuci dengan detergen dalam waktu lama.

IRONING: low-medium temperature

KAIN P.E-RIB (POLYESTER RIB)

Kain P.E adalah sebutan untuk kain dengan benang polyester. Kain ini memilikiketahanan yang baik terhadap lekukan atau lipatan sehingga tidak memerlukan penyetrikaan yang panas. Warna dari kain P.E lebih awet dan bahannya tahan terhadap bakteri dan jamur sehingga kain tidak mudah rusak (e.g. "bulukan"). Kekurangannya, kain ini tidak se-adem kain spandex karena daya serap lembabnya lebih rendah dan tidak selentur spandex. Kata "rib" di belakang P.E menandakan kain ini dibuat dengan teknik ribbing, salah satu teknik knitting yang membuat kain memiliki tekstur seperti kain rajutan dengan jalur-jalur vertikal yang kasat mata. Rajutan pada kain P.E-rib memiliki kerapatan tinggi sehingga kain tidak mudah "molor" karena pemakaian.

IRONING: medium-high temperature

SUPER RAYON GUARD

Nah, super rayon guard ini adalah salah satu jenis kain kaos peranakan dari spandex..

Kain spandex itu ada spandex cotton, spandex rayon, spandex sutra, spandex jersey, dll..

Spandex rayon itu dibagi juga beberapa macam. Ada spandex rayon sigle knit, spandex rayon double knit, 30s, 20s, dll.

Super rayon guard ini adalah spandex rayon jenis baru yang khusus mergina pesan settingannya dari pabrik. Karena selama ini mergina berusaha untuk selalu memperbaiki kualitas dari produk sebelumnya.. Disinilah peran penting customer aktif, yang bisa memberikan kritikan membangun.. 

Berawal dari masukan2 yg diberikan customer mergina, maka kami berusaha bersama tim dari pabrik kain untuk membuat jenis kain spandex rayon yang tingkat keelastisitasnya lebih kuat dengan tidak menghilangkan sisi kaos yg adem..
Maka terciptalah kain super rayon guard.

Yg dibuat dari sulaman2 benang2 cotton dan polyester dg sedikit penggunaan zat pengikat warna agar kain yg dihasilkan tidak kaku/berat.

Garis besarnya, super rayon guard ini mempunyai karakteristik lentur, bisa melar sampai 10xlipat dari ukuran semula, ringan, adem, dan awet. Tapi ingat, seperti semua jenis kain spandex, dalam perawatannya sebaiknya kain tidak dicuci dengan dikucek terlalu kuat. Agar tetap awet dan tidak merusak struktur benangnya..  

inner maroko slimface MERGINA



















Yg perlu jadi perhatian untuk membedakan dg jenis kain spandex lainnya adalah selain tidak licin, tidak mengkilat, cobalah pakai sampai inner terasa melar (biasanya penggunaan 3-4 hari berturut2) selanjutnya cuci inner, tak perlu dikucek, cukup direndam -+ 30 menit lalu lihat perubahannya setelah inner kering. Karena inner akan kembali ke bentuk semula dan tetap full covered.

contohnya adalah produk inner maroko slimface

IRONING
low-medium temperature


That's all sistas,, semoga penjelasan panjang lebar diatas dapat membantu sista dalam memilih produk fashion yang terbaik untuk sista, yang akan dibeli baik di MERGINA OUTLET ataupun di tempat lain :)


5 comments:

  1. Thank's sist atas tamahan referensinya buat saya, sangat ber manfaat...

    ReplyDelete
  2. terimaksih mba sudah berbagi :))

    ReplyDelete
  3. Izin kopas, soalnya Kami juga memproduksi jilbab dari jenis kain spandek.

    http://www.alhasanu.com
    Nunut Promo,
    Kami membuka kesempatan untuk menjadi agen jilbab alhasanu, dengan keuntungan hingga 40%.

    ReplyDelete
  4. Kalau karakteristik kain Jersey super bagaimana mba?

    ReplyDelete
  5. Dimana saya bisa beli bahan spandex rayon jersey yg terbuat dari serat bambu? Tq

    ReplyDelete

 

. Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template